Review Buku: 9 November karya Collen Hoover

 



Judul Buku: 9 November (November 9)

Pengarang : Collen Hoover

Alih bahasa: Reita Ariyanti

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Cetakan pertama: 2016

Tebal: 416 halaman



Blurb:

Semua dimulai pada 9 November, pertemuan pertama Fallon O'Neil dan Benton James Kessler. Saling tertarik, Fallon menghabiskan hari terakhir Fallon di L.A, tepat sehari sebelum Fallon pindah ke New York dan mereka berjanji akan terus bertemu. Hanya satu hari dalam setahun: 9 November. Selain itu, tak ada komunikasi lainnya. Tidak pertemuan, tidak saling menelepon, tidak kontak  lewat medsos, apa pun. 

Waktu menguji mereka, tapi keduanya berhasil terus bertemu pada tanggal yang sama setiap tahun. Hingga suatu hari tersingkap rahasia yang Ben sembunyikan selama ini. Bahwa 9 November adalah benang merah masa lalu mereka. Bahwa mereka lebih terhubung daripada yang dikira Fallon selama ini. 

                                                 ***

Novel ini menggunakan 2 sudut pandang tokohnya, Fallon dan Ben. Terdiri dari 6 bab, mulai dari November Pertama hingga November Terakhir. 9 November pertama, merupakan awal pertemuan mereka. Ketika tiba-tiba Ben muncul di depan Fallon dan ayahnya, mengaku bahwa ia adalah pacar Fallon. Setiap tanggal 9 November di tahun berikutnya, selama 5 tahun, mereka selalu bertemu.

"Setiap 9 November, aku akan menantimu, berharap suatu hari nanti kau bisa memberikan cukup maaf untuk mencintaiku lagi. Tapi jika itu terjadi dan kau tak pernah muncul, aku masih akan tetap bersyukur untukmu sampai hari aku meninggal."

Fallon yang ingin menjadi aktris Broadway. Ben yang ingin menjadi penulis novel. Setiap pertemuan mereka, selalu ada cerita yang dibawa. Perlahan lahan, rahasia diungkap. Menarik dan membuat penasaran bagaimana cara penulis menceritakannya. Tak hanya Fallon, pembaca pun mendapat kejutan tentang siapa Ben dan bagaimana mereka ternyata saling terhubung oleh sebuah peristiwa.

"Butuh waktu empat tahun untukku akhirnya jatuh cinta seutuhnya pada lelaki itu. Hanya butuh empat halaman untuk berhenti mencintainya."

Melalui novel yang ditulis oleh Ben, rahasia itu pun diketahui oleh Fallon. Apakah setelah mengetahuinya, Fallon akan membenci Ben ataukah ia masih mencintainya? Membaca bagian di mana Ben menuliskan novelnya, seperti membaca novel dalam novel. Dan bagian inilah yang banyak menguras emosi. 

Ini adalah novel Collen Hoover yang pertama kali kubaca. Penasaran karena sering lihat novel-novelnya berseliweran di reels instagram. Dan, untukku yang memang menyukai novel-novel romansa, aku menyukai novel ini. Pengin baca novel Collen Hoover lainnya, apakah ada rekomendasi novel yang kudu aku baca?



   

Komentar