Akhirnya Dapat Vaksin Booster Covid 19

 


Hampir setahun yang lalu aku mendapatkan vaksin  Covid 19 dosis 1 dan 2 jenis Sinovac, Saat itu aku termasuk yang mendapatkan vaksin di awal-awal karena terdaftar sebagai pendidik.

Beberapa bulan terakhir, Pemerintah menggencarkan kembali pemberian vaksin untuk anak mulai usia 6 tahun dan vaksin booster (vaksin dosis 3). Mengingat awal tahun ini, pembelajaran tatap muka terbatas sudah mulai dilaksanakan kembali dengan mengikuti aturan-aturan dari pemerintah. Aku pun sudah mendapatkan vaksin booster  bulan Januari ini. Kali ini aku dapat vaksin Astra Zeneca (AZ).

Apa saja KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi) atau  efek samping yang aku rasakan setelah vaksin booster ini?

Jika pada vaksin 1 dan 2 lalu, karena aku dapat vaksin Sinovac, efeknya adalah jadi mudah lapar,  mengantuk, agak tangan "kemeng-kemeng" , meskipun adapula yang sampai demam dan pusing sedikit. Untuk vaksin booster, dari pengalamanku dan beberapa teman yang aku jumpai, KIPI nya sangat terasa. Sebagian vaksin yang diberikan adalah Astra Zeneca atau Pfizer. Vaksin booster Astra Zeneca memberikan efek yang lebih daripada Pfizer.

Aku mengalami sedikit pusing dan demam hingga 38,5 setelah mendapat vaksin, tangan terasa pegal-pegal dan sakit untuk digerakkan (diangkat) selama beberapa hari.

Pengalaman teman-teman lain, antara lain badan meriang terutama malam hari, berkeringat, panas dingin.

Mengingat KIPI setelah vaksin booster, memang diperlukan istirahat untuk hari itu agar efek samping tidak semakin parah.



Komentar