Masa Pandemi Membawaku Berkenalan dengan Perpustakaan Digital Ipusnas

Perpustakaan Digital Ipusnas.id

Pandemi membuat kita mendapat banyak pengalaman dan mengenal hal baru. Salah  satunya adalah membawaku berkenalan dengan dunia perpustakaan digital, Ipusnas.
 
Sebagai orang yang punya hobi membaca maka membaca buku fisik merupakan sebuah kesenangan tersendiri. 

Perkembangan teknologi tentu berpengaruh pada kebiasaan kita. Jujur, aku termasuk yang cukup sering menghabiskan waktu dengan media sosial terutama Facebook dan Instagram. Meskipun belakangan hanya di momen-momen tertentu saja aku memposting sesuatu.

Melalui media sosial tersebut pun, aku lebih suka mengikuti informasi dalam bentuk tulisan atau caption. 

Kebiasaan membaca fiksi juga tersalurkan ketika sesekali mengikuti tulisan-tulisan (cerpen, cerbung) di sebuah komunitas menulis di Fb, meskipun aku hanya sebagai silent reader. 
 
Lalu beberapa tahun lalu, aku juga  coba membaca cerita-cerita di Wattpad. Ini tidak berlangsung lama. Aku ternyata kurang sabar kalo harus menunggu lanjutan cerita yang belum selesai. Aku juga merasa lelah jika berlama-lama membaca di depan layar hp yang kecil saat itu. 

Selanjutnya sejak adanya pandemi tahun lalu, aku mulai membuat akun bookstagram (ceileh..). Dari sana aku mendapat beberapa rekomendasi di mana kita bisa baca buku digital dengan menginstal aplikasinya terlebih dahulu.

Ipusnas menjadi pilihanku. Ipusnas merupakan aplikasi perpustakaan digital milik Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.
Mengingat aku memang cukup selektif menginstall aplikasi di android. Saat ini, Ipusnas cukup untuk memenuhi kebutuhanku  jika ingin mencari bacaan berupa Buku digital.

Bagaimana caranya jadi anggota Ipusnas?
 
Berbekal searching di google, aku mengikuti prosedur menjadi anggota Ipusnas. 
- Instal aplikasi Ipusnas di Hp 
- Daftar dengan menggunakan email
- Tunggu  kiriman email dari Ipusnas untuk verifikasi datamu
- Jadi deh akunmu di ipusnas sebagai anggota
Gampang, kan?

Ohya, sebagai anggota atau pembaca Ipusnas ada tingkatannya sesuai dengan kategori di sana. Nah, sebagai pemula atau anggota baru, dikategorikan sebagai Newbie di Ipusnas. Hmm, karena aku masih belum aktif banget terlibat,   sampai sekarang statusku belum meningkat juga. 
 
 
 
                                     
 
Buku apa saja yang ada di Ipusnas?

Beraneka judul buku dari beragam penerbit, penulis dan genre tulisan tersedia di sini. Kategorinya banyak sekali.  Jika ingin mencari buku di Ipusnas, bisa pilih kategori yang kamu ingin. Atau bisa langsung klik search  dan ketik penulis atau judul buku yang ingin kamu pinjam.

Sebelum meminjam bacaan pilihanku, biasanya aku baca komentar-komentar atau review dari para pembaca lebih dulu. Aku biasanya pinjam novel-novel di Ipusnas. Beberapa contoh novel yang pernah aku pinjam:
 
       

Gimana caranya kalau mau pinjam buku di Ipusnas?
Kamu tinggal cari buku yang pingin kamu baca. Klik borrow, lalu tinggal menjawab pertanyaan selanjutnya. Kalau udah "Yes", buku pilihanmu bisa langsung masuk di bookshelf (rak buku) mu. Sejauh ini, buku pilihanku selalu tersedia. Masa peminjaman 3 hari. Kalau sudah habis masa peminjaman, buku tersebut akan hilang dari koleksi pinjamanmu. 
 
 
 
 
Aku membaca di Ipusnas hanya sebagai selingan ketika sedang kehabisan bacaan, ingin membaca bacaan ringan atau menghabiskan waktu sebelum tidur daripada hanya scrolling timeline media sosial tak jelas. Apalagi dengan mudah lelahnya aku kalo membaca di hp, aku harus bisa mengukur kemampuan mataku. Untuk menghindari bertambahnya mata plus ku seiring usia. 

Jadi, di masa pandemi ini, dengan adanya pembatasan kegiatan di luar, sehingga kita jadi jarang ke toko buku, tidak ada lagi pameran buku, serta berkurangnya budget untuk beli buku bacaan, maka perpustakaan digital seperti Ipusnas ini bisa jadi pilihan buat kita agar tetap bisa menyalurkan hobi membaca dengan beragam buku berkualitas dan menarik.
 
Buat kamu yang hobi baca, yuk segera install aplikasi Ipusnas.id di hp mu. Nikmati asyiknya membaca buku digital dengan beragam pilihan yang kamu suka.

 
 


Komentar