Kategori Buku-Buku Koleksi Pribadiku


Kalian punya hobi baca buku? Atau kalian punya hobi beli dan ngumpulin buku bacaan? Pernah punya cita-cita bikin perpustakaan pribadi atau bahkan rumah baca? Kalau iya, berarti sama kayak aku.

Di tulisan-tulisanku sebelumnya, aku sering cerita kalau aku hobi banget baca buku sejak kecil. Tepatnya sejak masuk SD, karena saat itu TK belum banyak di tempat tinggalku, jadi aku nggak menikmati belajar di TK.

Menengok ke belakang, kurasa  Bapak yang kerja di sebuah penerbit dan percetakan serta hobi membaca, memberi pengaruh banyak dan menjadi role model buatku sehingga tumbuh minat bacaku. Tapi saat itu, Bapak lebih banyak memberi contoh kebiasaan membaca buku-buku religius atau agama terbitan penerbit tempatnya kerja.

Aku kecil, melahap cerita anak dari buku-buku milik tetanggaku di mana aku sering main ke situ. Aku paling ingat buku cerita Jack dan Kacang Ajaib, Snow White, Rapunzel, Timun Mas, dll. Juga membaca majalah Ananda dari perpustakaan SD ku.


Lalu berlanjut remaja, mulai membaca novel-novel detektif Serial Hawkeye, novel roman Mira W, novel-novel karya Hilman seperti Lupus, Olga. Saat SMA dan kuliah, aku juga nyisihin uang jajan demi bisa beli majalah Anita Cemerlang, karena banyak cerpennya.

Semasa kuliah, mulai sering ke taman bacaan buat pinjem novel.  Jalan-jalan ke toko buku atau pameran buku untuk menambah koleksi bacaan. Lebih seringnya juga beli  novel roman, buku puisi atau buku-buku berbau psikologi atau self improvement. 

Sejak lulus kuliah dan kerja, jenis buku yang kubeli semakin bervariasi. Selain novel dan buku self improvement, aku juga mulai beli komik (meskipun aku hampir tidak pernah baca komik), serta buku-buku parenting dan Paud untuk menambah pengetahuanku.

Ada suatu masa, ketika aku rajin banget menginventaris dan melabeli buku seperti di perpustakaan. Saat itu aku memang pengin bikin rumah baca. Sebenarnya, sempat beberapa teman atau remaja sekitar, murid-murid les ku meminjam koleksi bukuku. Hmm, meskipun sebagian besar ternyata nggak dibalikin. Itu yang sempat bikin aku agak males minjemin buku-buku bagus ke orang lain. Jujur aja, untuk beli-beli buku itu, aku harus nabung, lho. hehehe.

Nah, aku mau berbagi sebagian koleksi buku yang aku punya sesuai kategori. Ohya, beberapa bulan belakangan ini, aku mulai belajar mengurangi barang-barang termasuk buku. Jadi sebagian besar buku, sudah kuhibahkan ke teman-teman.

Mau tau, apa saja isi koleksi buku-buku pribadiku.

1. Majalah

    a) Majalah remaja: Anita Cemerlang, Chic, Cita-Cita.

         Saat remaja, tahun 90an aku rajin beli majalah Anita Cemerlang. Sebagian juga masih ada sampai          sekarang, sebagian sudah dimakan rayap. Sedihnya, majalah-majalah itu sekarang sudah nggak             terbit lagi.

    b) Majalah Djaka Lodang

        Ini majalah berbahasa Jawa, koleksi dari Bapak.

2. Novel

    Novel adalah koleksi bacaanku yang paling banyak. Biasanya aku beli karena sudah familiar dengan     penulisnya. 



    a) Novel Harlequin

        Novel Harlequin merupakan koleksi novelku yang paling banyak. Novel dari penulis tertentu  bahkan aku punya lebih dari 5, antara lain: novel penulis Nora Roberts, Sandra Brown, Diana  Palmer. 

        Btw, meskipun banyak yang melakukan book shaming buat pembaca Harlequin, biar saja. 

    b) Novel Terjemahan

        Beberapa novel terjemahan dari penulis terkenal, antara lain:  Dan Brown             (The Da Vinci Code), John Grisham, Paulo Coelho (Brida, Pemenang Berdiri         Sendirian)

    c) Novel-novel dari penulis Indonesia antara lain: 

        - Mira W: pernah punya tapi hilang atau dimakan rayap

         -Marga T: Badai Pasti Berlalu

        - Dee Lestari (paling banyak dan sedang mulai aku lengkapi): Madre,                  Perahu Kertas, Supernova 6: Inteligensi Embun Pagi, Aroma Karsa,                       Rapijali) 

        - Fiersa Besari (Garis Waktu, Konspirasi Alam Semesta, 11:11),  

        -Ilana Tan: Winter in Tokyo, Summer in Seoul, Autumn in Paris, Spring in             London

        - Tere Liye: Hujan

        - Seri Lupus

        



    d) Metropop/Chicklit/Teenlit

3. Agama/Religi

    -Buku-buku Antony de Mellow

4. Psikologi/Self Improvement/Relationship

    - Buku-buku pengembangan diri: buku karya Mark Manson, Norman Vincent         Peale, Don't to Sweat....., Kunci Kesuksesan

    -Buku-buku tentang relationships: Men are From Mars, Women are from Venus

    -Buku-buku tentang perempuan: Ada Serigala Betina dalam Diri Setiap                 Perempuan, Perempuan yang Memesan Takdiri

    -Buku tentang Psikologi: Enneagram  Timur, Misteri Perilaku: Anak Sulung,             Anak Tengah, Anak Bungsu, Anak Tunggal

5. Sastra/Puisi

    a) Buku-buku Kahlil Gibran, 

6. Parenting/PAUD

    Buku-buku tentang parenting atau PAUD aku beli untuk menambah pengetahuanku sesuai bidang        kerjaku. Buku-buku yang aku punya antara lain: Latihan Toilet, Smart Baby, Kecerdasan menurut         Garner



7. Cerita Anak

    Buku-buku cerita anak yang kukoleksi sebenarnya bukan best seller, hanya         lebih aku sesuaikan tema. Beberapa buku cerita anak koleksiku: Seri Taman         Wortel.



8. Komik

    Jujur ya, aku belum bisa menikmati membaca komik. Alasannya: karena aku         bingung antara mau           baca tulisan atau melihat gambarnya. Juga             kadang bingung urutan-urutannya. Aku membeli beberapa     komik untuk         jaga-jaga jika ada yang pingin baca atau pinjem.

    a). Detektif Conan

     b) Hai Miiko




9. Buku Antologi

Untuk buku ini sebagian merupakan buku antologiku saat jadi kontributor di beberapa buku dengan tema yang menarik minatku.

10. Biografi/Tokoh

Buku Biografi yang aku punya tidak terlalu banyak, antara lain: Bunda Teresa, Erin Brokovick.

11. Latihan Soal

    Kalau kategori buku yang satu ini, aku pakai untuk peganganku mengajar les. hehehe. 


Nah, itu tadi kategori koleksi bukuku. Mungkin ada juga yang belum tercatat, karena jumlahnya hanya sedikit. 

Komentar