Hari Buku Sedunia: Bagaimana Peran Buku dalam Hidupmu?

 

Selamat Hari Buku Sedunia
 
Adakah yang tau, tanggal 23 April diperingati sebagai hari apa?  
Yup, tanggal 23 April merupakan peringatan Hari Buku Sedunia atau World Book Day, yang ditetapkan oleh UNESCO.
Tanggal ini merupakan peringatan kematian beberapa penulis terkenal dunia, antara lain: William Shakespeare.


Membahas tentang buku memang nggak pernah ada habisnya. Selalu ada yang menarik yang bisa dibahas. 

Memperingati Hari Buku Sedunia, kita bisa sedikit berefleksi tentang peran buku untuk hidup kita?

Aku ingin berbagi tentang peran buku dalam hidupku. 

Sejak kecil aku sudah hobi baca buku. Jadi, ngomongin peran buku dalam hidupku, tentu banyak banget ya. Buku adalah jendela, karena dengan membaca buku,  kita  bisa melihat kejadian-kejadian di seluruh dunia. 

Selain itu, masih ada lagi, peran buku dalam hidupku. Mau tau, apa aja? Yuk, disimak!


1. Buku sebagai  Sumber pengetahuan dan Inspirasi

Buku memberiku banyak pengetahuan. Nggak cuma terkait hal-hal akademis untuk pendidikan, tapi dalam berbagai aspek kehidupan: biografi tokoh, dongeng, seni,  dan masih banyak lagi. 

Buku juga sumber inspirasi, terutama untuk mendukung hobi menulisku. 

2. Buku sebagai pilihan untuk "Me Time"

Buku selalu jadi pilihan untuk menghabiskan "me time" ku. Setelah jenuh atau lelah  dengan aktivitas, aku pilih baca buku untuk mengumpulkan lagi energiku. 

3. Buku sebagai "Sayap" buat terbang

Aku menyebut buku adalah sayap buatku "terbang" ke tempat-tempat yang nggak bisa aku datangi. Melalui buku, imajinasiku bisa dibawa kemana saja, membayangkan tempat-tempat sesuai dalam buku. Bahkan aku kadang  seolah-olah ada di tempat itu.


Nah, itu tadi, peran buku dalam hidupku. Pasti kalian punya cerita masing-masing ya. 



#HariBukuSedunia

Komentar