7 Fakta Tentangku


Seorang penulis kadang hanya dikenal lewat tulisan-tulisannya. Orang sering tidak mengenal siapa orang yang ada di balik tulisan-tulisan tersebut. Begitu pula dengan penulis blog. Kadang orang-orang hanya "mencari'' informasi yang ada di blog tersebut tanpa mengetahui siapa sebenarnya yang menulisnya. 

Memang, ada informasi tentang profil pemilik blog, namun tidak terlalu detil. Nah, kali ini, aku ingin sedikit membagikan informasi tentang aku yang aku rangkum menjadi 7 Fakta Tentangku. Tak kenal maka tak sayang, begitulah kata pepatah lama. Supaya makin sayang (ceilee), sayang dengan tulisanku, maksudnya, boleh ya aku bongkar sedikit tentang orang yang ada di balik blog Beranda Hati ini.

Oke, ini dia 7 Fakta tentang Aku.

1. Aku  Tengah dari 3 Bersaudara Cewek

    Aku merupakan anak kedua dari 3 bersaudara cewek semua. Jadi aku merupakan anak Tengah. Menurutku, kami bertiga merupakan anak-anak istimewa. Tiga bersaudara cewek semua. Dalam istilah Jawa ada sebutan tersendiri untuk kami, yaitu; "nggotong mayit."  (menggotong jenazah). Agak seram ya. 

Aku selalu mengganggap bahwa bersaudara 3 perempuan itu sangat istimewa. Pernah nonton serial di TVRI jaman dulu yaitu Little House on the Prairie, yang diadaptasi dari novel-novel Laura Ingalls. Sebagai anak tengah, pun tak kalah istimewanya.

2. Libra Sejati

    Aku lahir pada tanggal 30 September sehingga dinaungi zodiac Libra. Buatku Libra merupakan zodiac yang istimewa. Di antara 12 zodiak lain, hanya Libra yang dilambangkan bukan makhluk hidup. Simbol timbangan untuk Libra juga sepertinya menjadi berkaitan dengan kelahiranku sebagai anak tengah. 

Sesuai dengan lambangnya, Libra mempunyai sifat penengah yang adil, namun juga cenderung berhati-hati dalam mengambil keputusan. Libra sering dilanda keraguan, karena ia ingin memberikan yang terbaik. Libra juga nggak suka konflik. 



3. Generasi X

Aku termasuk Generasi X. Lahir di akhir-akhir peralihan menuju Generasi Y atau milenial. Karena lahir di masa-masa transisi ini, aku seperti berada di 2 generasi. Aku dapat mengikuti trend di generasiku, sekaligus beradaptasi dengan generasi sesudahku. Generasi X mengenal teknologi komputer dengan disket, kemudian beranjak ke flashdisk. Generasi X juga mengalami proses munculnya internet dan handphone yang masih langka di masa awal dulu, hingga sekarang menjadi sesuatu yang familiar.

4. Introvert- INFJ

Aku introvert sejati. Ini jelas sekali terbaca dari sifat-sifatku. Introvert mendapat energi ketika sendirian. Begitupula denganku. Awalnya aku hanya mengenal kepribadian introver dan ekstrover. Selanjutnya aku tahu, ternyata kepribadian ini bisa dipecah lagi. Menurut test kepribadian MBTI (Myer Briggs Type Indicator) yang aku coba beberapa kali, ternyata aku termasuk tipe INFJ.

INFJ merupakan kepribadian yang cukup langka karena hanya sekitar 1-3% dari populasi di di duni. INFJ berasala dari: Introversion (I), Intuition (N), Feeling (F), Judgement (J). Introversion (I), artinya seseorang yang lebih suka menyendiri atau mendapatkan energinya ketika ia dalam keadaan sendiri. Intuition (N) artinya orang yang berorientasi pada konsep atau ide. Feeling (F) artinya orang yang membuat keputusan lebih sering menggunakan emosi atau perasaan. Judgement (F) artinya orang yang menyukai sesuatu yang teratur atau direncanakan.

Itu, tadi sekilas tentang ciri-ciri INFJ.

5.  Melakonlis 

Ada 4 kepribadian  manusia yaitu: Sanguinis, Koleris, Melankolis, Plegmatis. Sesuai dengan ciri-ciriku dan setelah mengikuti test kepribadian, aku termasuk kepribadian melankolis. Ini saling terkait dengan tipe-tipe dan karakterku yang introvert, karena melankolis juga termasuk di dalam tipe introvert.

Kepribadian melankolis identik dengan Sempurna (introvert, pemikir, pesimis). Seorang melankolis merupakan pemikir sejati yang perfeksionis, perhatian, belas kasihan mendalam, rapi dan teratur, terorganisir, intelek, serius dan tekun, analitis, kreatif, pesimis, berhati-hati dan sulit menjalani relasi, mampu menyimpan rahasia.

6. Librocubicuarist

Aku hobby banget baca buku. Nah, aku paling suka kalau baca novel di tempat tidur. entah itu, buku-buku fiksi (novel) atau buku non fiksi, bahkan buku-buku yang berkaitan dengan pekerjaanku. Suasana yang nyaman di tempat tidur mendukungku untuk bisa membaca dengan tenang tanpa gangguan.

Mengenali diri sendiri tentu penting, tidak hanya untuk kita sendiri namun juga untuk orang-orang di sekitar kita. Dengan mengetahui dan mengenal diri sendiri, kita akan paham akan kelemahan dan kelebihan diri sehingga dapat menentukan langkah-langkah kita dalam melakukan sesuatu. Entah dalam bekerja maupun dalam berinteraksi sosial, atau dalam mengembangkan minat dan bakat kita. 

7. Guru PAUD

Aku seorang guru PAUD. Sejak kecil aku kagum dengan profesi guru. Namun karena aku merasa kurang percaya diri untuk tampil di depan umum (mengajar di depan murid-murid), maka aku ambil kuliah yang bekerja dengan benda-benda, yaitu ambil jurusan Kimia. Siapa sangka ternyata, perjalanan membawaku menjadi seorang guru PAUD dan benar-benar menyukai dunia ini.

Nah, itu tadi 7 fakta tentangku. Sebenarnya masih banyak fakta-fakta lain, tapi mungkin akan aku ceritakan di lain waktu. Untuk tipe-tipe kepribadianku, aku hanya menceritakan secara sekilas agar kalian tidak bosan. Lain kali, aku akan bahas lebih detil lagi tentang tipe-tipe kepribadianku.




 

Komentar