Special September

Bulan September sudah datang. Rasanya ada yang kurang jika aku belum menuliskan sesuatu tentang September selama bulan ini. 

September, bulan kelahiranku. Tepat di penghujung September, aku berulang tahun. Jika aku menyebutkan tanggal lahirku, sebagian orang langsung kasih komentar, "Wow, G30S/PKI!" Ya, orang-orang akan langsung ingat dengan peristiwa sejarah yang memilukan itu. 

Mungkin, jika ibukku melahirkanku mundur sehari saja, maka ulangtahunku akan bersamaan dengan Hari Kesaktian Pancasila. Orang-orang juga pasti akan lebih mudah mengingat ulangtahunku. Bahkan di sebagian instansi akan mengadakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila.

Hmm, tapi kurasa aku tetap memilih seperti sekarang ini. Lahir di penghujung bulan September.


 

Buatku, September sangatlah istimewa. Aku tidak tahu alasannya kenapa? Aku kuatir, ini menjadi subjektif, karena ini tentang bulan lahirku, tentang ulangtahunku,

Tapi mungkin, ada banyak fakta, yang bisa menjelaskan kenapa September bisa jadi bulan yang istimewa. Ini berdasar pengalaman pribadiku lho, ya.

Pernah nggak, kamu menemukan orang-orang di sekitarmu yang berulang tahun di bulan September? Entah itu dalam keluargamu sendiri,teman sekolah atau kuliah,  lingkungan kerjamu, Atau justru kamu sendiri juga lahir di bulan September? (Eh, toss dulu kalau gitu!!). Mereka yang lahir di bulan September, punya zodiak Virgo (pertengahan awal September) atau Libra (pertengahan akhir September) Aku yakin kamu pasti akan menemukan banyak sekali.

Hal sederhana sih, aku lahir 3 bersaudara cewek semua. Nah, aku dan adikku sama-sama lahir di bulan September, namun beda zodiak.

Selanjutnya, long time ago (hahaha) di kampungku, saat aku masih aktif ikut organisasi pemuda pemudi, Ada 3 orang yang berulang tahun tepat di tanggal 30 September.

Kejadian berikutnya, di tempat kerjaku, yaitu: sekolah PAUD di Jogja.  Pernah suatu waktu, ada 3 karyawan termasuk aku dan salah satu murid yang berulangtahun sama denganku. Selain itu, dibandingkan bulan-bulan lainnya, ternyata di bulan September-lah yang paling banyak murid dan guru yang berulangtahun.

Selain itu, banyak lagu yang terinspirasi dari bulan September, lho. Mulai dari September Ceria sampai Wake Me Up When September Ends, dan masih banyak lagu-lagu lain. (next, akan kubahas tentang lagu-lagu bertema September!)

Hmmm, kalau banyak yang sama, kenapa jadi istimewa? Eits, justru di situlah istimewanya karena hal itu jarang terjadi di bulan-bulan lain. Di situlah istimewanya. Orang lain akan mudah mengingatnya. Siapa tahu, akan kasih kado ulang tahun buat kita, tanpa harus kita ingatkan.. Eh, just kidding, ya!

Nah, rasa penasaran  karena menemukan banyak fenomena kelahiran di bulan September, membuatku bertanya-tanya. Aku yakin, pasti ada penjelasan ilmiahnya. Btw, aku orang eksak ya, dari MIPA Kimia. Jadi, kadang-kadang, aku memerlukan jawaban atau penjelasan atas terjadinya sesuatu... Rasa penasaranku, akhirnya terjawab ketika masa-masa mbah Google sudah mulai kukenal. Hehehe.

Begini, penjelasannya, kenapa banyak orang yang berulangtahun di bulan September? Ini berdasarkan penelitian beberapa tahun lalu ya, yaitu: tahun 1994-2014. (sumber: https://www.suara.com/lifestyle/2017/09/04/122050/ini-dia-bulan-yang-paling-banyak-orang-berulang-tahun)

  • Usia kehamilan umumnya 39 hingga 40 pekan, maka orang yang lahir pada bulan September mulai dibentuk oleh kedua orangtuanya sejak bulan Desember. Nah, seperti kita tau, Desember merupakan waktu liburan panjang yang membuat banyak pasangan memilih menikmati waktu berdua ke berbagai tempat romantis. Banyak juga pasangan yang memilih menikah di bulan Desember.
  • Kualitas sperma paling baik berada pada puncak musim dingin yang jatuh pada bulan Desember. Itu sebabnya, pembuahan akan berlangsung maksimal.

Nah, itu tadi penjelasannya. Cukup bisa diterima logika kan penjelasan ini,? Itu penjelasan secara ilmiahnya.  

 

Kecintaanku  pada bulan ke-9 ini, September menjadi inspirasi buat jadi tulisanku juga. Salah satunya, sebuah fiksimini berjudul "September" yang terbit dalam buku antologi Gado-Gado Cinta: It's All About Love (terbit tahun 2013). Penerbit Alif Gemilang Pressindo.

Hmm, sekilas tentang buku antologiku ini ya. Buku antologi ini berisi cerita mini maupun puisi bertema cinta kiriman dari para kontributornya.  Di buku antologi ini, 'September' membawa berkah sendiri buatku, karena masuk menjadi 3 besar.



Semoga, masih ada tulisan-tulisanku yang lain bertema September -eh, tema lain juga- yang bisa layak untuk dinikmati orang lain.

Komentar

  1. sipp...kok tulisane karo.latar belakange kui lo, wws tak pencet ra iso iso

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku ya, bingung kalo gak ngadep langsung... settingannya mungkin

      Hapus
  2. Nah...akulah adikmu yang berulangtahun di pertengahan September. Aku Virgo, kakak atau mba Wied aku biasa memanggilnya, Libra .lahir di bulan sama namun karakter bisa dikatakan cukup bertolak belakang ya, seperti sering diungkap juga dalam zodiak meski tetap ada benang merah persamaannya. Kakak Libra, anak tengah pula (next bisa nulis tentang anak tengah juga ya).
    Have a great and wonderful September, mba...i love you to the moon and back.

    BalasHapus

Posting Komentar