Dirgahayu RI ke- 75 tahun


Dirgahayu Indonesiaku!

Hey, sudah 75 tahun Indonesia merdeka. Angka yang istimewa bukan?
Ya, tahun 2020 ini memang istimewa.  

Ada yang berbeda dengan perayaan ulangtahun kemerdekaan negara kita tahun ini.


 

Ulang tahun kemerdekaan kali ini, negara kita dan juga hampir seluruh negara di belahan bumi ini, sedang berjuang melawan Corona Virus Disease (Covid-19). 

Hiruk pikuk dan keseruan acara menyambut peringataan HUT RI ke-75 di berbagai daerah, kali ini tidak kita jumpai seperti tahun-tahun sebelumnya.

Dan, puncaknya Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-75 baik Pengibaran maupun Penurunan Bendera Merah  Putih di istana negara dilakukan secara virtual yang hanya dihadiri sebagian pejabat negara. Sebagian besar dari kita hanya bisa mengikuti upacara bendera melalui siaran televisi maupun acara live di Youtube.

Meskipun begitu, dalam segala keterbatasan akibat pandemi Covid-19 ini, upacara bendera berjalan lancar.   Tak mengurangi khidmat acaranya.

"Indonesia Maju" adalah tema HUT RI tahun ini. Aku yakin, Indonesia akan mampu melewati semua ini. Jika kita semua bersatu padu membangun negeri dengan kemampuan yang kita bisa, Indonesia Maju yang kita inginkan pasti terwujud. 

Jika selama ini, kita kadang mengeluh karena kepanasan saat upacara bendera, tahun ini mungkin kita justru merasa sedih karena tidak bisa melakukan upacara bendera seperti biasanya.

Nah, berbicara tentang kemerdekaan, sebenarnya apa sih definisi merdeka itu?

Buatku sendiri merdeka itu artinya kita berani mengekspresikan diri sesuai diri kita masing-masing, entah itu dalam berkarya, berpendapat atau  melakukan hal-hal sesuai dengan keinginan kita. Pun ketika berbeda dengan orang lain.  Selama nilai-nilai yang kita yakini itu benar adanya, lho. Tetap dalam koridor hal-hal yang positif dan tidak merugikan orang lain.

Tahun 2020, ini pasti akan menjadi tahun yang tidak terlupakan untuk kita.

Semoga, pandemi ini segera berlalu. Dan kita akan memulai kembali babak baru. Nanti, kita cerita tentang hari ini. Tentang Upacara Bendera Virtual pertama kali ini. Lalu, kita tersenyum dengan bangga karena telah melewati ini semua. Tahun depan, semoga kita bisa melakukan upacara bendera seperti tahun-tahun sebelumnya.

Sekali lagi, Dirgahayu Indonesiaku! Aku bangga padamu!

 

 



Komentar