Asyiknya, Gali Ilmu Bareng dalam Webinar Mulai Menulis Ala Dee Lestari

 


Di beberapa tulisanku sebelumnya, aku sering mereview buku-buku karya penulis Dee Lestari. Aku bahkan membuat tulisan khusus tentang bagaimana aku mengidolakan sosok Dee berkaitan dengan karya-karyanya.

Kali ini, aku akan berbagi sedikit pengalamanku ketika bulan lalu mengikuti Webinar yang diadakan oleh Siberkreasi dengan mengambil judul Mulai Menulis Ala Dee Lestari. 



Entah bagaimana awalnya, di instagram melintas poster iklan webinar. Langsung saja aku mendaftar melalui link yang ada. 

Hari yang ditunggu pun tiba. 

Sesuai judulnya, Dee pun langsung membagikan point-point penting tentang bagaimana menulis. Ada beberapa catatan penting buatku.



1. Menulislah yang Kamu Tahu

2. Memikat dan Mengikat

3. Lima (5) Menit Menulis Mengalir

4. Kemampuan menulis yang baik itu penting

Dee juga berbagi cerita tentang proses menulis sebagian buku-bukunya. Ada banyak riset yang ia lakukan sesuai dengan tema-tema novel yang tulisnya. Terutama untuk novel yang kompleks seperti Supernova. Untuk membuat judul pun, ada banyak pengalaman. Entah judul itu sudah terpikir sejak awal dan tidak ingin diubahnya, ada pula judul yang berubah sesuai dengan perkembangan yang muncul dalam  ceritanya.

Mengikuti webinar ini, benar-benar dapat ilmu yang sangat daging. Dengan penjelasan yang enak, mudah dipahami, asyik dan menarik sesuai dengan khas Dee. Bayangkan, dapat ilmu dari penulis sekelas Dee Lestari tanpa biaya pendaftaraan apa pun. Gratis. Asyik, banget kan? 

Sayang sekali, aku hanya mendokumentasikan sedikit saja dari apa yang disampaikan Dee. Aku tidak terpikir untuk mencatat secara lebih lengkap dan detil. Menyesal rasanya.

Namun, acara ini dapat menjadi inspirasi dan memantik semangatku untuk menulis terus. 

Seperti kata Dee, kemampuan menulis yang baik itu penting. Nggak harus jadi penulis. Apa pun pekerjaanmu, menulis yang baik pasti berguna. 


Komentar